Organologi : Apa Yang Salah?

Organologi : Apa Yang Salah? :Photo by Markus Spiske on Unsplash

Organologi : Apa Yang Salah?

Singkat saja, ini kepanjangan dari Organisasi dan Teknologi. Keduanya bukan dua hal yang sering disandingkan -dalam konteks ini adalah organisasi mahasiswa. Organisasi seringkali hanya dipahami sebagai tempat perkumpulan untuk menyelenggarakan kompetisi, konser atau semacamnya. Namun pemikiran seperti ini terlalu sempit dan jauh tertinggal. Semestinya, organisasi juga dipahami sebagai tempat berkreasi dengan teknologi untuk menyebarkan kebermanfaatan bagi publik. Mengapa harus teknologi? Dewasa ini, pengaruh teknologi semakin nyata dirasakan oleh seluruh elemen masyarakat mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial bahkan sampai masalah profesi  sekalipun. Fenomena ini harus menyadarkan organisasi guna mengimbangi model kerja mereka dengan pemanfaatan teknologi yang relevan.

Saya ambil sebuah kasus, masalah administrasi di dalam organisasi. Miris sekali melihat sistem administrasi masih dilakukan secara manual dan sangat tradisional. Lebih parah lagi, pengarsipannya tidak dilakukan dengan baik dan benar. Model kerja seperti ini tidak efektif dan efisien. Lalu bagaimana metode yang efektif? Gunakan platform seperti file manager berbasis web aplikasi, ini akan memudahkan pengarsipan dan menekan biaya berlebihan untuk menangani administrasi. Selain itu, administrator tidak perlu bingung mencari berkas yang sedang diperlukan. Sistem pengarsipan secara online ini menjadi solusi nyata dan terbukti sangat efektif. Sebagai pembanding, saat masih menggunakan sistem manual seorang sekretaris memakan waktu lama dalam mengumpulkan referensi untuk keperluan pemberkasan tertentu, bahkan bisa di atas satu hari. Namun sekarang hanya perlu beberapa menit saja dengan mengakses sistem pengarsipan online tersebut masalah dapat dituntaskan dalam tempo singkat.

Kasus di atas hanya satu bagian kecil yang perlu dipahami agar pembaca menyadari bahwa kehidupan di era digital harus memiliki relevansi dengan kemajuan teknologi informasi. Begitu pula di dalam organisasi, teknologi harus menjadi sistem pendukung yang menjamin keberlangsungan organisasi terutama di masa pandemi. Maksudnya bagaimana? Misalnya begini, saat ini kita tahu smartphone adalah kebutuhan setiap orang. Apakah masih relevan jika kita melakukan pemasaran produk menggunakan selebaran kertas? Apakah masih relevan bagi organisasi mahasiswa menggunakan kertas dan format manual dalam melakukan pendataan finansial internal? Lalu bagaimana dengan dampak negatif dari teknologi, seperti kurangnya kepekaan sosial di lingkaran organisasi? Kita perlu menyoali gagasan organologi ini secara objektif, artinya nilai positif teknologi terhadap organisasi bukan dipandang dari penggunanya akan tetapi kegunaannya.

Oleh : Rojiyal

No Comments

Post A Comment

Instagram
LinkedIn
Share
WhatsApp